Fitur Foto di Facebook makin canggih

Add Comment October 5, 2010
Facebook selain sebagai situs jejaring sosial nomer satu di internet juga merupakan situs tempat berbagai foto yang mampu bersaing dengan situs berbagi foto lain seperti Flickr. Untuk meningkatkan pengalaman berbagi foto yang lebih baik, Facebook baru-baru ini beberapa fitur baru di bagian Photos yaitu kemampuan menampilkan foto resolusi tinggi, tautan untuk mengunduh foto, opsi melakukan tag masal, serta antarmuka lightbox yang menyenangkan ketika melihat gambar.



Dengan perubahan ini layanan foto di Facebook bisa menjadi media berbagi foto yang lebih luas, tidak hanya foto-foto kenangan antarteman namun juga bisa dimanfaatkan para fotografer, model, maupun desainer grafis untuk menampilkan karya mereka dengan kualitas yang lebih baik. Karena Facebook memiliki anggota lebih dari 500 juta orang, Facebook akan menjadi penantang serius bagi Flickr maupun layanan berbagi foto lain yang telah memiliki fitur tersebut sebelumnya.
Pengguna sekarang bisa mengunggah dan mengunduh foto hingga resolusi 2048×2048 piksel, tiga kali lebih besar dari batasan resolusi maksimum sebelumnya yaitu 720×720 piksel. Tiap foto sekarang juga memiliki tautan untuk mengunduh sebagai berkas berformat JPEG. Selain itu pengguna juga bisa melakukan tagging masal atas teman-teman pada sekelompok gambar cukup dengan melakukan klik pada gambar kecilnya (thumbnail). Ini akan sangat memudahkan pengguna ketika melakukan pemberitahuan adanya foto baru tanpa perlu melakukan tagging satu-persatu.
Perubahan lain yang menarik adalah antarmuka lightbox yang akan memberikan efek pigura atas gambar yang ada di Facebook. Terdapat juga kontrol navigasi dan beberapa fitur untuk bersosialisasi, menjadikan fitur ini menyenangkan untuk dieksplorasi.

sumber : http://www.teknologinet.com/2010/10/fitur-foto-di-facebook-makin-canggih.html